10 Kriteria Lulusan yang Jadi Prioritas Seleksi CPNS 2024, Kesehatan, Pendidikan, hingga Psikologi

Wecome Congnghenews di Situs Kami!

Jakarta – Inilah 10 kriteria prioritas seleksi CPNS. Pemerintah mengumumkan ada 2,3 juta formulir untuk pemilihan CPNS. Dalam seleksi CPNS 2024, pemerintah juga akan memprioritaskan pembentukan khusus lulusan muda. . 10 Kriteria Lulusan yang Jadi Prioritas Seleksi CPNS 2024, Kesehatan, Pendidikan, hingga Psikologi

Lantas, kualifikasi pascasarjana mana saja yang diprioritaskan pada seleksi CPNS 2024? Artikel ini akan dibahas dengan mengacu pada akun Instagram @asn_eksam, simak uraiannya di bawah ini!

10 Syarat Lulusan Prioritas Pilkada CPNS 2024

1. Lulusan Jurusan Ilmu Kearsipan

Di CPNS, tersedia 599 jabatan bagi mahasiswa pascasarjana Departemen Ilmu Kearsipan, Ilmu Sosial dan Humaniora atau Ilmu Sosial untuk mengisi jabatan arsiparis. NASA Bocorkan Soal Fakta Mengenai Kemunculan Tanda Kiamat

2. Lulusan Departemen Pendidikan

Profesi guru menjadi prioritas dalam PPPC 2024 karena kebutuhan tenaga pengajar semakin meningkat setiap tahunnya. Jadi lulusan departemen pendidikan dipastikan mendapat prioritas dalam seleksi CPNS atau PPPK 2024.

3. Lulusan Departemen Kesehatan

Kemudian prioritas seleksi CPNS 2024 adalah lulusan Departemen Kesehatan. Dokter spesialis kesehatan selalu dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS untuk mengisi posisi manajer kesehatan spesialis primer, dokter, perawat, dan bidan.

4. Lulusan hukum

Bidang hukum selalu membutuhkan tenaga profesional setiap tahunnya, sehingga lulusan jurusan ini diprioritaskan untuk CPNS 2024. Misalnya saja pembentukan Kejaksaan Agung atau analis rancangan perjanjian.

Kemudian kepada kementerian yang memberikan porsi besar kepada departemen hukum, seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (dari Menkumham).

5. Lulusan manajemen

Lulusan jurusan manajemen juga memiliki banyak peluang di sektor publik, seperti posisi manajemen perencanaan dan kanselir.

6. Lulusan Jurusan Bahasa Inggris

Tahun ini dibutuhkan 344 lulusan Bahasa Inggris untuk mendapat tempat, sehingga pasti akan menjadi prioritas dalam seleksi CPNS 2024.

7. Lulus dari Jurusan Teknik IT

Tahun lalu, terdapat 5.154 formasi CPNS di kementerian dari seluruh pemerintah negara bagian untuk kategori ini. Ada banyak posisi yang tersedia bagi lulusan departemen ini, seperti memimpin ahli layanan komputer, pengadaan layanan, dan manajemen inventaris.

8. Insinyur lulusan 10 Kriteria Lulusan yang Jadi Prioritas Seleksi CPNS 2024, Kesehatan, Pendidikan, hingga Psikologi

Lulusan jurusan teknik juga banyak dibutuhkan untuk mengisi jabatan pegawai negeri sipil di pemerintahan, seperti di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Lalu banyak yang membutuhkan lulusan tersebut di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan pemerintahan negara.

9. Lulusan Jurusan Manajemen

Dalam seleksi CPNS juga dibutuhkan tenaga profesional dari jabatan administratif, dibutuhkan 661 posisi, salah satunya analis kebijakan.

10. Lulusan Jurusan Psikologi

Di sektor publik, para profesional kelas ini memiliki kesempatan kerja yang sangat berbeda. Ini termasuk evaluator tenaga kerja, analis pengembangan peralatan dan peningkatan kapasitas.