20 Tahun Si Kembar Beda Induk MPV Avanza dan Xenia, Bagaimana Spesifikasinya?

Selamat datang Congnghenews di Portal Ini!

Congnghenews, Batavia – Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan dua kendaraan serba guna (MPV) yang dikembangkan Daihatsu dan dipasarkan oleh Toyota dan Daihatsu. Avanza dan Xenia sendiri dikembangkan sebagai MPV entry-level sehingga menyasar khalayak luas dengan harga terjangkau. 20 Tahun Si Kembar Beda Induk MPV Avanza dan Xenia, Bagaimana Spesifikasinya?

Berdasarkan laman resmi Daihatsu dan Toyota, Avanza-Xenia awalnya dipasarkan khusus untuk pasar Indonesia dan negara berkembang lainnya, dan umumnya diproduksi di Indonesia oleh Astra Daihatsu Motor.

Daihatsu baru. Platform ini sama dengan Daihatsu Rocky. daihatsu.co.id

Daihatsu Xenia yang telah berkembang selama bertahun-tahun

Sejak diperkenalkan pada tahun 2003, Daihatsu Xenia telah menarik banyak penggemarnya. Pada tahun 2004, di Gaikindo Auto Expo, mobil keluarga ini terjual lebih dari 100 ribu unit yang berarti sukses.

Berkapasitas 7 penumpang, mesin bertenaga, konsumsi bahan bakar irit, dan minim perawatan menjadi keunggulan Daihatsu Xenia. Cahaya biasa sudah cukup untuk pemeliharaan, sedangkan pemeliharaan intensif hanya diperlukan sesekali saja.

Daihatsu Xenia generasi pertama awalnya tersedia dalam tiga versi: Mi, Li dan Xi. Varian Mi dan Li menggunakan mesin 1.0 liter, sedangkan Xi hadir dengan mesin 1.3 liter. Semua versi dilengkapi dengan gearbox manual 1-percepatan. Honda Meluncurkan Motor Bebek Terbaru, Diklaim Lebih Irit, Sebegini Harganya

Pada tahun 2009, generasi pertama mulai menawarkan pilihan transmisi otomatis 4 percepatan. Antara tahun 2003 dan 2011, dua perubahan kecil dilakukan, termasuk eksterior pada tahun 2008.

Daihatsu Xenia generasi kedua diperkenalkan pada tahun 2011 dengan empat versi: 1.0 D, 1.0 M, 1.3 Perubahan besar pada generasi ini antara lain penambahan sistem AC ganda.

Pada 2015 mendapat facelift dengan nama Magna Nova Xenia dan teknologi dual VVT-i. Facelift lainnya terjadi pada tahun 2019 dengan nama Grand Nova Xenia, yang memperkenalkan mesin 1,5 liter, ubahan eksterior, dan fitur baru seperti pengatur suhu digital dan head unit layar sentuh.

Hingga saat ini Daihatsu Xenia masih hadir dengan sebutan Grand Nova Xenia dengan desain yang semakin menarik sehingga menjadikannya sebagai mobil keluarga sporty yang terus diidamkan banyak pembeli.

Toyota Prius dunia

Menurut mobi, anak perusahaan Astra, kisah Toyota Avanza dimulai pada Desember 2003 di GAIKINDO Auto Expo dengan versi mesin 1.300 cc, sebagai alternatif terjangkau pasca kenaikan harga Toyota Kijang menyusul krisis finansial tahun 1998. . Generasi pertama diperkenalkan dengan mesin K3-DE 1300 cc DOHC 16 katup dan girboks manual 5 percepatan.

Transmisi manual 4 kecepatan ditambahkan pada Agustus 2004. Kemudian pada bulan Oktober 2006 diperkenalkan varian 1500cc sebagai varian andalan dengan fitur sensor parkir dan velg berukuran 15 inci. Perjalanan bersejarah berlanjut dengan penyegaran tahun 2008, penambahan transmisi otomatis untuk versi 1.3 G pada November 2009 dan opsi transmisi manual untuk versi bawah pada Mei 2010.

Avanza generasi kedua muncul pada November 2011 dengan berbagai ubahan antara lain peningkatan fitur keselamatan seperti dual SRS airbag dan rem ABS. Pada bulan Juni 2014, versi Luxury diluncurkan dengan penambahan bodywork dan trim kayu di dalamnya.

Antara Agustus 2015 hingga Januari 2019, eksterior dan interior Avanza didesain ulang, termasuk ubahan pada andalannya. Pada Agustus 2021, Toyota Veloz GR limited diluncurkan dalam rangka perayaan 50 tahun Toyota di Indonesia.

Pada November 2021, Avanza memasuki generasi ketiga dengan ubahan total, dengan peralihan ke penggerak roda depan (FWD) dan desain yang memadukan unsur SUV dan MPV. Fitur pintar seperti Toyota Safety Sense (TSS) telah ditambahkan dan mesin 1300cc dan 1500cc tersedia dengan opsi transmisi CVT. Sejarah panjang Toyota Avanza selama hampir 19 tahun menunjukkan kuatnya kehadirannya di pasar mobil Indonesia.

Sudah 20 tahun berlalu sejak Avanza-Xenia yang naas itu menjadi mobil pilihan keluarga. Meski belum menjadi pilihan energi ramah lingkungan, kedua versi ini masih bisa mengikuti berbagai kelompok masyarakat.

Pilihan Editor: 20 Tahun Xenia – Avanza, Ini Versi Terbaru Avanza dan Xenia Tahun 2024

Toyota Hilux didesain ulang dari luar, mesinnya tetap sama. Baca selengkapnya

MLIT mendapat informasi telah menjalani pelatihan untuk menghentikan pasokan 10 mobil Daihatsu. Baca selengkapnya

Saat ini All New Toyota Yaris Cross G M/T sudah dijual Rp 351 juta on road (OTR) di DKI Batavia. Baca selengkapnya

Toyota Probox dan Mazda Familia merupakan model pertama yang dibuat di pabrik Daihatsu di Oyamazaki, Kyoto, Jepang. Baca selengkapnya 20 Tahun Si Kembar Beda Induk MPV Avanza dan Xenia, Bagaimana Spesifikasinya?

Toyota Indonesia menghentikan sementara ekspor model Karawan Fortuner ke beberapa negara di Timur Tengah. Baca selengkapnya

Toyota memperingatkan 50.000 pengemudi di AS untuk tidak menggunakan kendaraan mereka karena masalah kantung udara. Baca selengkapnya

Di Indonesia, penjualan mobil elektrifikasi pada tahun 2023 Toyota diklaim meningkat 750 persen dibandingkan tahun 2022, hadirnya Innova Zenix berpenggerak hybrid Kijang. Baca selengkapnya

Penjualan Toyota di Indonesia tahun lalu mencapai 325.329 unit (ritel) dan 336.777 unit (mobil). Baca selengkapnya

Toyota Motor Corporation telah mengumumkan penyelidikan atas penyimpangan dalam sertifikasi mesin diesel yang diproduksi oleh Toyota Industries Corporation. Baca selengkapnya

PT Toyota Motor Vestibulum Indonesia (TMMIN) memastikan isu skandal mesin diesel tidak berdampak pada model yang diproduksi di Indonesia. Baca selengkapnya