Andre Taulany ke Ndhank Surahman: Kalau Dibilang Gak Dapat Royalti Bohong Itu

Selamat datang Congnghenews di Portal Ini!

JAKARTA – Andre Thulani Ndhank angkat bicara soal kisruhnya lagu Stenki ciptaan Surahman Hartono. Pencipta lagu tersebut mungkin pernah menyatakan bahwa dia menentang Andre dan Stanky menyanyikan lagu tersebut karena dia tidak dibayar royalti secara layak. Andre Taulany ke Ndhank Surahman: Kalau Dibilang Gak Dapat Royalti Bohong Itu

Menanggapi pertanyaan tersebut, Andre Thulani merasa tak perlu menjelaskan banyak hal karena Stinky lebih berwenang menjawab soal royalti lagu tersebut. Yang pasti, Andre Thulani Ndank selaku komposer mungkin termasuk Irwan pasti mendapat royalti dari lagu-lagu ciptaannya. Andre Thulani menyebut Ndanke berbohong karena mengaku tidak menerimanya. Gulir untuk detail selengkapnya. Ichitan K-Pop Fest Kumpulkan Penggemar Musik dan Budaya Korea di Tanah Air

“Dapat (royalti) tolong. Stinky bilang, Stinky terus bayar royalti. Ini album Stinky dari awal sampai sekarang, penjualan dan panggilan, dll. Ndank, dia dapat sejauh ini. bohong. terima -l,” kata André Thulany , pada 9 Januari 2024, dalam jumpa pers di kawasan Ciputat.

Andre Thulani heran kenapa mantan rekannya itu meneleponnya, padahal Andre sudah tidak menjadi anggota Stenky sejak 2008.

Ia pun mengaku menyanyikan lagu tersebut, mungkin saat tampil di festival musik bersama Andre Tulaney dan kawan-kawan. Namun dalam dua penampilannya tersebut, manajemen Andre Thulani membenarkan bahwa ia membayar royalti lagu tersebut kepada event organizer (EO). EO bertanggung jawab untuk melanjutkan pembayaran royalti kepada Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

“Kemarin kita buat Andre Thulani and Friends, dan itu cuma dua set. Padahal mau main lagu mereka, aku dapat bayaran, manajemen bayar EO secara legal, dan aku ikuti aturannya.” – kata Andre Thulani.

“Jadi saya tidak sembarangan, saya bukan pencuri, saya tidak terlalu percaya diri. Saya mengikuti aturan dan EO membayar hak cipta kepada pencipta melalui LMKN,” tegasnya.

Meski persoalan royalti ramai dibicarakan publik, Andre Thulani tak mau mengambil tindakan apa pun untuk melawan imbauan Nhank Surahman. Penyanyi sekaligus entertainer tersebut yakin dirinya tidak memiliki masalah karena selalu mematuhi undang-undang royalti dan hak cipta yang dibuat oleh Ndhank. André Thulany juga merasa meminta izin untuk memainkan lagu-lagu Stenky pada awalnya setelah dia keluar dari band. Andre Taulany ke Ndhank Surahman: Kalau Dibilang Gak Dapat Royalti Bohong Itu

Untuk pembelaan, Andre Thulani tidak menyewa pengacara untuk menemui Ndank Surahman. Baginya, jejaring sosial duri sudah cukup bagi para pendukungnya, karena duri juga bisa menilai mana yang baik dan mana yang buruk.

“Saat ini menurutku itu tidak perlu, sekarang aku punya pengacara karena di luar sana banyak pengacara yang membantuku dan mereka lebih pintar. Mereka lebih tahu apa yang terjadi. Jay, pengacaraku adalah pengacara favoritku,” dia menyimpulkan. Alasan Ravi Andhika memilih Jepang untuk video musiknya MYTHOMANIA. Congnghenews 31 Januari 2024