Awas, Kurang Tidur Bisa Memperpendek Umur! Ada Bukti Ilmiahnya

Sugeng rawuh Congnghenews di Situs Kami!

Jakarta – Awas, Kurang Tidur Bisa Memperpendek Umur! Ada Bukti Ilmiahnya

Duh! Anak Idap Gangguan Ginjal Akut Misterius Perlu Perawatan Berbulan-Bulan Hingga Bisa Pulih Total

Tidur yang cukup dapat membuat tubuh pulih dari berbagai cedera yang terjadi. Oleh karena itu, kurang tidur dapat menimbulkan konsekuensi jangka panjang yang serius.

Salah satunya dibuktikan dalam penelitian di Journal of American Heart Association. Sebuah studi tahun 2019 menetapkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko kematian akibat stroke dan penyakit jantung.

Pada penderita tekanan darah tinggi dan diabetes, risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular meningkat dua kali lipat bila seseorang tidur kurang dari 6 jam semalam. Tekanan darah tinggi dan diabetes sendiri merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Salah satu temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa seseorang yang pernah mengalami stroke atau serangan jantung memiliki kemungkinan 3 kali lebih besar untuk meninggal karena kanker jika tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari.

Bagusnya, tidur lebih dari 6 jam sehari menghindarkan seseorang dari risiko kematian dini akibat kanker atau sebab lainnya. Apakah orang tersebut menderita tekanan darah tinggi, diabetes, atau serangan jantung.

“Studi kami menunjukkan bahwa tidur teratur dapat melindungi beberapa orang dengan kondisi dan risiko kesehatan tersebut,” kata Julio Fernandez-Mendoza, pemimpin penelitian, seperti dikutip dari EverydayHealth. Tonton video “Perhatikan durasi tidur agar terhindar dari risiko serangan jantung” (atas/atas) Awas, Kurang Tidur Bisa Memperpendek Umur! Ada Bukti Ilmiahnya