Bercak Putih Panu dan Kusta tak Sama, Bagaimana Cara Mengenalinya?

Wecome Congnghenews di Situs Kami!

Congnghenews, JAKARTA – Penyakit kusta menimbulkan gejala yang berbeda dengan panu. Bintik-bintik pada kulit yang disebabkan oleh hal ini mungkin berbeda-beda. Bercak Putih Panu dan Kusta tak Sama, Bagaimana Cara Mengenalinya?

Cerita Meutya Hafid Ikuti 10 Kali Percobaan IVF untuk Raih Lyora

“Tengue itu biasanya seperti sisik kecil-kecil. Biasanya ada pemeriksaan, misalkan bekas kuku, kalau digaruk sedikit biasanya bersisik, kalau panu,” kata dokter spesialis kulit dan kelamin Willa Damajanti dalam diskusi tersebut. . penyakit kusta dilacak secara online di Jakarta pada Selasa (30/01/2024).

Villa mengatakan panu biasanya hanya terdapat di area yang rentan berkeringat, seperti wajah atau bagian tubuh yang lembab dan terkena sinar matahari. Sedangkan penyakit kusta bisa ditemukan dimana-mana.

Selain itu, kulit yang terkena panu tidak mengurangi kepekaannya terhadap sentuhan atau sentuhan. Berbeda dengan penyakit kusta, dimana indera peraba dan sentuhan hilang atau berkurang sehingga menyebabkan kelemahan otot pada suatu saat.

“Mungkin ada kelemahan otot. Jadi ketika kami mendeteksinya, biasanya setelah pasien datang, kami melakukan pemeriksaan, kami melakukan beberapa tes saraf. Biasanya ada enam saraf yang kami periksa, atau enam saraf yang kami evaluasi nanti. , terserah. Seseorang mengalami penurunan atau kelemahan otot. ” kata seorang dokter yang bekerja di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta.

Saat kusta kambuh, kata Willa, benjolan lebih besar yang disebut facies leonia (wajah singa) bisa tumbuh di wajah. Ia mengatakan, penyakit yang disebut juga Morbus Hansen ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Penyakit ini biasanya terjadi pada orang berusia 25-35 tahun. Beberapa faktor risiko seperti lingkungan yang buruk, kondisi sosial ekonomi yang rendah dan rendahnya daya tahan tubuh dalam tubuh meningkatkan risiko terjadinya penyakit kusta pada seseorang. Bercak Putih Panu dan Kusta tak Sama, Bagaimana Cara Mengenalinya?