Buntut Gagal Ginjal Akut, Apoteker Diminta Aktif Edukasi Masyarakat Soal Obat

Wecome Congnghenews di Situs Kami!

Congnghenews – Kasus gagal ginjal akut yang menyerang ratusan anak Indonesia menimbulkan kekhawatiran masyarakat. Selain itu, banyak pasien anak di bawah umur yang meninggal karena gagal ginjal akut. Buntut Gagal Ginjal Akut, Apoteker Diminta Aktif Edukasi Masyarakat Soal Obat

Gagal ginjal akut disebut-sebut terjadi karena sirupnya mengandung bahan berbahaya. Dalam hal ini, peran apoteker yang berperan aktif dalam memberikan informasi tentang obat kepada masyarakat sangat ditekankan. Rutin Ngopi Ampuh Bakar Lemak buat Turun BB? Ahli Diet Bilang Gini

Profesor Manytaridi, Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad), meminta apoteker berperan aktif dalam mendorong masyarakat memilih obat yang tepat dan menggunakannya secara hati-hati. Hal ini sebagai respons terhadap fenomena penyakit ginjal akut atipikal.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang sembarangan menggunakan narkoba di beberapa daerah. Faktanya, beberapa obat yang dirancang khusus untuk manusia digunakan pada hewan.

Pendidikan kedokteran di Indonesia masih minim. Apoteker harus berperan di sini, kata Manytaridi dalam keterangannya di Bandung, Kamis (20 Oktober 2022).

Selain itu, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami secara jelas tanda warna pada kemasan obat. Padahal, simbol ini berfungsi untuk menjelaskan jenis obat, kegunaannya, dan cara penggunaannya.

“Misalnya, orang mengira hijau adalah obat yang dijual bebas. Oleh karena itu, boleh dikonsumsi secara bebas, meski bisa berbahaya. “Itu karena kurangnya pendidikan,” lanjutnya.

Oleh karena itu, apoteker harus memainkan peran yang berpengaruh dalam menentukan kesesuaian obat berdasarkan kondisi pasien.

Ia menekankan perlunya penguatan program pendidikan di bidang farmasi dan kefarmasian. Yang perlu diperkuat adalah penstabil obatnya.

Menurutnya, keberadaan Diethylene Glycol dan Ethylene Glycol pada Paracetamol di Gambia tidak bisa diabaikan karena akan mempengaruhi kestabilan obat dan berdampak pada penggunanya. Buntut Gagal Ginjal Akut, Apoteker Diminta Aktif Edukasi Masyarakat Soal Obat

“Misalnya, jangan meminum aspirin saat terkena air atau kelembapan karena akan terurai menjadi asam asetat dan beracun jika tertelan. “Masyarakat tidak paham, tapi apoteker paham,” katanya. [Di antara]