Cara UI Tingkatkan Peran Pemimpin Perempuan RI di Segala Bidang

Selamat datang Congnghenews di Website Kami!

JAKARTA – Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Daya Makara dan UI Leadership Development Center (UI LDC) menyelenggarakan Indonesia Women Leaders Conference 2023 pada 30 November dan 1 Desember 2023 di Hall Manara Mandiri Conference Jakarta. Cara UI Tingkatkan Peran Pemimpin Perempuan RI di Segala Bidang

Lebih dari 200 pemimpin perempuan dari berbagai sektor dan organisasi berpartisipasi dalam acara ini, menghadirkan sosok-sosok perempuan inspiratif dari bidang pemerintahan, instansi pemerintah, perusahaan, institusi, dunia usaha bahkan peneliti perguruan tinggi.

Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Institusi Bisnis Universitas Indonesia, TM Zakir Machmud, Ph.D, mengatakan sebagai perguruan tinggi yang mewakili semangat pembangunan dan kemajuan negeri, UI bangga dengan kiprah juara pembangunan di bidangnya. Indonesia. 5 Penyebab Ular Masuk Kamar Mandi, Nomor 5 Perlu Diperhatikan

“Intinya kepemimpinan perempuan menunjukkan pengaruhnya di negara bahkan internasional,” kata Zakir dikutip dari keterangannya, Rabu 30 November 2023.

Menurutnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), persentase perempuan di Tanah Air akan mencapai 32,26% pada tahun 2022. Oleh karena itu, persentase perempuan pada posisi manajemen mengalami peningkatan yang nyata dari tahun 2015 hingga 2022. dari pangsa 22,32% pada tahun 2015 menjadi 32,26% pada tahun 2022.

Peningkatan dua digit ini tentu mempunyai arti besar di lapangan. Angka tersebut sempat menyentuh angka 33,08% pada tahun 2020, kemudian menurun pada tahun 2021 sebesar 32,5% dan terus menurun hingga tahun 2022 pada level 32,26%.

“Saat dunia diguncang oleh epidemi ini, banyak pemimpin perempuan juga kehilangan posisinya. Namun kami melihat perempuan semakin kuat karena banyak yang menjadi penopang keluarga, pengasuh keluarga, dan guru anak,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, banyak yang menemukan cara baru untuk mendapatkan uang bagi keluarga mereka dengan bekerja dari rumah, dan menjangkau orang-orang yang membutuhkan. Di sinilah isolasi perempuan menjadi kekuatan mereka.

“Dalam masyarakat, peran manajer perempuan lebih penting dengan kepedulian terhadap lingkungan/keberlanjutan, pendidikan dan banyak hal lainnya. Semua ini menunjukkan bahwa perempuan bisa menjadi manajer yang cerdas, tangguh, kuat dan progresif, sebagaimana tema acara ini. ,” dia menambahkan.

Universitas Indonesia melalui unit bisnisnya UI LDC melihat peluang untuk mempertemukan para pemimpin perempuan dengan mengadakan Konferensi Perempuan Indonesia 2023 yang mengangkat tema YOUR POWER: Smart, Trusted and Resilient Women Leaders.

Tujuan dari konferensi dua hari ini adalah untuk mendorong para pemimpin perempuan untuk membawa kepemimpinan mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan menerima dan memanfaatkan sepenuhnya keunikan, kekuatan, kemampuan dan inovasi perempuan, serta secara efektif menangani permasalahan unik perempuan, sekaligus berbagi dan memperkuat jaringan bisnis dan komunitas, dengan belajar dari mereka yang mempunyai pengalaman dan pengakuan nasional bahkan internasional.

Kedepannya, Pusat Pengembangan Kepemimpinan UI akan terus memberikan pelatihan dan pendidikan non-gelar kepada para pemimpin dunia usaha yang memiliki visi untuk maju dan berkembang secara efektif sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian dan kehidupan sosial bangsa Indonesia. Pusat Pengembangan Kepemimpinan UI menyelenggarakan program pelatihan publik dan internal.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan saat ini perempuan di Indonesia berjumlah separuh dari jumlah penduduk. Oleh karena itu, peran perempuan juga akan menentukan arah pembangunan di masa depan. Cara UI Tingkatkan Peran Pemimpin Perempuan RI di Segala Bidang

“Untuk itu harus melibatkan semua kalangan, karena sejatinya pemberdayaan perempuan bukan tentang memberi kekuasaan tapi memberi peran pada kekuatan untuk tumbuh dan termotivasi untuk maju seiring berjalannya waktu,” ujarnya.

Bintang berharap Indonesia Women’s Leadership Forum 2023 dapat menjadi wadah impian bagi perempuan untuk berkumpul dan berbagi ide, wawasan, dan lainnya. Terlebih lagi, tahun ini Indonesia memasuki tahun politik dimana perempuan diharapkan berperan dalam memberikan sudut pandang yang berbeda dan perlu dipastikan bahwa setiap suara perempuan didengar dan mengetahui para politisi masa lalu. Banyak Wanita Suka, Andika Kangan Band: Meski bingung, saya takut. Selain itu, kelompok Andika Kangan juga menunjukkan sikap hati-hati terhadap perempuan. Dia merasa seperti orang normal. Congnghenews 3 Maret 2024