Cegah Kepanikan karena Obat Sirup dan Gangguan Ginjal Akut Misterius, Dokter Wajib Jadi Garda Terdepan

Sugeng rawuh Congnghenews di Website Kami!

Congnghenews – Obat sirup yang terkontaminasi menyebabkan gagal ginjal akut yang misterius dan membuat masyarakat panik. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif dokter untuk mencegah kepanikan semakin meningkat. Cegah Kepanikan karena Obat Sirup dan Gangguan Ginjal Akut Misterius, Dokter Wajib Jadi Garda Terdepan

Staf Departemen Kedokteran Daerah FKUI-RSCM dr Dewi Friska, MKK, mengatakan, dokter pada dasarnya adalah gatekeeper atau garda depan dalam pelayanan primer. Menurut dr Dewi, dokter pada hakikatnya adalah garda depan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Menyoal Takikardia, Kondisi yang Sempat Dialami Vidi Aldiano Pasca Kemoterapi

“Dokter layanan primer disebut sebagai penjaga gerbang dan garda depan, bukan? Jadi ketika menghadapi wabah seperti ini, dokter layanan primer memiliki peran penting karena mereka… “Ini adalah titik kontak pertama dengan komunitas lokal ,” dia berkata. Dr Dewi saat webinar kesehatan, Jumat (21 Oktober 2022), apoteker melayani pasien yang ingin menebus obat di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20 Oktober 2022) [Congnghenews/ Alfian Winanto]

Selain itu, Dr. Dewi menjelaskan bahwa dokter layanan primer mempunyai peran sebagai berikut untuk mengatasi situasi saat ini: Mereka memainkan peran yang sangat penting sebagai penjaga gerbang dan garda depan. Sebagai manajer komunitas, Anda akan menjadi titik kontak pertama bagi komunitas. Beliau memegang peran dalam Inisiatif Kesehatan Individu (IHF) dan Inisiatif Kesehatan Komunitas (CHF). Seperti deteksi kasus dan registrasi. Melaksanakan upaya yang holistik, komprehensif, terpadu atau kolaboratif dan berkelanjutan.

Selain itu, ada dua hal yang harus diperhatikan dokter dalam menghadapi berbagai kondisi kesehatan seperti promosi kesehatan dan perlindungan khusus.

Promosi kesehatan: pendidikan massal dengan informasi yang benar. Hindari berita palsu (misinformasi) dan perbaiki informasi yang tidak akurat. Meningkatkan kesadaran masyarakat dan mencegah kepanikan. Mengedukasi masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat, pola makan seimbang dengan banyak air, dan aktivitas fisik teratur. , konsultasi dengan dokter mengenai penggunaan obat-obatan, kerjasama dengan pimpinan Poshandu di berbagai bidang seperti pendidikan kesehatan dan koordinasi interdisipliner.

Perlindungan khusus Menangguhkan sementara resep sirup yang diduga terkontaminasi etilen glikol dan dietilen glikol, berdasarkan temuan Kementerian Kesehatan dan BPOM. Kami menghimbau masyarakat untuk tidak membeli obat-obatan yang dijual bebas. Terapkan kesehatan. protokol dan kebiasaan sehat yang baik.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan jajarannya bekerja sama dengan organisasi profesi, dalam hal ini Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Dia mengatakan organisasi profesi mendidik dokter tentang risiko penggunaan sirup. Cegah Kepanikan karena Obat Sirup dan Gangguan Ginjal Akut Misterius, Dokter Wajib Jadi Garda Terdepan

Menkes juga mengimbau para orang tua untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan obat-obatan. Jangan menggunakan obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

“Seperti biasa, tetap tenang. Jika merasa tidak enak badan, silakan berobat ke dokter. Jangan sembarangan mengonsumsi obat, apalagi tanpa konsultasi dengan dokter,” tutupnya.