Jangan Sampai Sakit, Ini Lima Kunci Keamanan Pangan

Wecome Congnghenews di Website Kami!

Congnghenews, JAKARTA – Ada lima kunci utama menjaga keamanan pangan. apa ini? Jangan Sampai Sakit, Ini Lima Kunci Keamanan Pangan

Awas, Kurang Tidur Bisa Memperpendek Umur! Ada Bukti Ilmiahnya

Berikut penjelasan dari Anggota Kelompok Kerja Koordinator Bidang Gizi dan Penyakit Metabolik (UKK) IDAI, Dr. Yoga Dewaera, Sp.A(K) saat diskusi online tentang industri makanan yang diselenggarakan Ikatan Dokter Anak Indonesia, Kamis (25 Januari 2024).

Jagalah kebersihan

Meskipun sebagian besar mikroorganisme tidak berbahaya bagi kesehatan, mikroorganisme patogen banyak ditemukan di tanah, air, hewan, dan manusia. Mikroorganisme ini terbawa pada makanan, serbet dan peralatan, terutama talenan, dan dapat mengkontaminasi makanan serta menyebabkan penyakit.

Pisahkan makanan mentah dari makanan matang

Makanan mentah, terutama daging sapi, unggas, dan makanan laut, serta cairan yang dihasilkannya dapat mengandung patogen yang dapat mengkontaminasi makanan lain selama pemrosesan dan penyimpanan.

Masak makanan dengan benar Jangan Sampai Sakit, Ini Lima Kunci Keamanan Pangan

Persiapan makanan yang tepat penting karena membunuh mikroorganisme patogen. Memasak makanan dengan suhu internal 70 derajat Celcius akan membuatnya aman untuk dikonsumsi. Makanan yang benar-benar perlu Anda fokuskan adalah daging, terutama daging giling, daging panggang utuh, dan daging potongan besar.