Jejak Narkoba Ditemukan di Rambut Irjen Teddy Minahasa, Simak 3 Fakta Tes Narkoba Lewat Rambut

Wecome Congnghenews di Portal Ini!

Congnghenews – Kapolda Jawa Timur Irjen Teddy Minahasa ditangkap terkait masalah narkoba. Tes tersebut menemukan sabu melalui tes urin, darah, dan rambut. Lihat informasi tentang pengujian rambut kimia di bawah. Jejak Narkoba Ditemukan di Rambut Irjen Teddy Minahasa, Simak 3 Fakta Tes Narkoba Lewat Rambut

Pengujian rambut secara kimiawi bukanlah hal baru. Selain darah dan urin, mereka juga bisa mendeteksi secara akurat tanda-tanda penggunaan narkoba melalui rambut. Gambar tes narkoba menggunakan rambut. [pengetahuan]

Menurut Healthline, tes rambut kimia biasanya dilakukan untuk mencari bukti adanya obat-obatan seperti amfetamin, metamfetamin, ekstasi, ganja, kokain, dan opioid.

1. Tahu hingga 3 bulan

Tes narkoba rambut sangat spesifik karena dapat mendeteksi tanda-tanda penggunaan narkoba hingga 90 hari, atau 3 bulan. Serangan Jantung Paling Sering Terjadi Senin Pagi, Benarkah? Ini Faktanya

Proses pengujian obat menggunakan rambut sederhana saja, ambil rambut dan masukkan ke dalam tabung reaksi.

Jika di kepala tidak ada rambut, dokter bisa menggunakan rambut dari bagian tubuh lain karena teksturnya sama.

2. Berapa biaya tes rambut?

Secara umum, pengujian kimia pada rambut cukup mudah. Pada tes putaran pertama, hasilnya bisa diketahui dalam waktu 24 jam.

Tes ELISA memeriksa jejak obat-obatan selama 90 hari terakhir di rambut Anda. Tes ini dapat mendeteksi tanda-tanda kecanduan narkoba, namun tidak dapat mendeteksi jenis narkoba yang digunakan.

Jika hasil ELISA positif, laboratorium akan melakukan tes lain yang disebut kromatografi gas/spektrometri massa (GC/MS) untuk menentukan jenis obat yang digunakan.

3. Menggunakan narkoba, rambut menguji kita urin

Meski sama-sama bisa mendeteksi obat, tes rambut dan urin sedikit berbeda pada obatnya.

Urine hanya bisa mendeteksi jejak obat selama tiga hari, sedangkan rambut bisa mendeteksi jejak obat hingga 90 hari.

Sebaliknya, segera setelah obat ditambahkan ke dalam urin, pasien dapat menunjukkan gejala jika telah menggunakannya dalam 3 hari terakhir. Sedangkan untuk hasil terbaik, ia memiliki waktu 7 hari sejak obat terakhir mencoba rambutnya.

Irjen Teddy Minahasa ditangkap karena Narkoba

Irjen Teddy Minahasa diduga ditangkap karena kepemilikan narkoba. Informasi tersebut pertama kali disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

Ahmad Sahroni, Jumat (14/10/2022), mengatakan, “Harusnya benar. Kalau tidak salah itu narkoba.”

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Irjen Teddy Minahasa ditangkap di dekat Sekolah Tinggi Ilmu Pengetahuan Indonesia atau PTIK di Batavia Selatan. Jejak Narkoba Ditemukan di Rambut Irjen Teddy Minahasa, Simak 3 Fakta Tes Narkoba Lewat Rambut

Irjen Pol Listyo mengabarkan, Irjen Teddy Minahasa yang menjabat Kapolda Jawa Timur diinterogasi dan ditangkap.

Pada Jumat, 14 Oktober 2022, Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Irjen TM ditempatkan pada posisi khusus.

Listyo sangat marah atas kejadian itu. Sebab, ia mengaku kerap menginstruksikan para pegawainya untuk tidak terlibat masalah narkoba.

Saya berulang kali mengatakan kepada semua agensi bahwa tidak seorang pun yang memiliki masalah narkoba boleh bermain. Obat tersebut harus dihilangkan seluruhnya. “Dan saya sampaikan siapa pun yang terlibat, apapun pangkat dan statusnya, pasti akan ditindak,” kata Kapolri.