JK Sebut Sudah Saatnya Indonesia Jadi Pemberi Beasiswa Bagi Mahasiswa Negara Lain

Wecome Congnghenews di Website Kami!

Depok: Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 yang juga Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Jusuf Kalla (JK), menegaskan sudah saatnya Indonesia menjadi negara yang memberikan beasiswa bagi mahasiswa dari negara lain yang ingin kuliah di Indonesia khususnya di UIII. JK Sebut Sudah Saatnya Indonesia Jadi Pemberi Beasiswa Bagi Mahasiswa Negara Lain

Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari perwujudan slogan Indonesia yang selalu dicanangkan sebagai negara Islam moderat dan wasathiyah (adil). Mau Studi Magister dan Doktor Terbaik, Segini Biaya Kuliah S2 dan S3 IPB University

Sedangkan beasiswa ini khusus diperuntukkan bagi pelajar dari negara Islam yang tingkat kesejahteraannya lebih rendah dibandingkan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan JK di sela-sela acara wisuda perdana mahasiswa program pascasarjana Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Gedung Teater Fakultas B Kampus UIII Depok, Jawa Barat pada Kamis, 31 Agustus 2023.

“Kita tidak boleh hanya bicara moderat dan Washatiyah, kita harus menyebarkannya. Itu sebabnya kami menawarkan beasiswa ke negara-negara Islam yang populasinya di bawah kami. Jangan hanya mencari beasiswa di Arab Saudi, Yordania bangga dengan kami.” Sekarang kita harus memberikan beasiswa kepada Indonesia, bukan hanya jumlah umat Islamnya yang banyak, tapi manfaatnya juga besar,” kata JK.

Lebih lanjut JK menjelaskan, tujuan Indonesia menjadi negara pemberi beasiswa untuk mengubah stigma Indonesia dari negara penerima bantuan menjadi negara pemberi bantuan. JK menyebutnya sebagai perubahan model diplomasi Indonesia dari headless diplomacy menjadi headless diplomacy.

“Kita harus mengubah gaya diplomasi kita dari hands-down diplomacy menjadi hands-up diplomacy, itu salah satu tujuannya. “Hanya dengan cara inilah kita bisa dianggap sebagai negara Islam yang hebat,” tegasnya.

Sekadar informasi, UIII merupakan universitas internasional yang dirancang sebagai kampus masa depan kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. JK Sebut Sudah Saatnya Indonesia Jadi Pemberi Beasiswa Bagi Mahasiswa Negara Lain

UIII dibangun di atas lahan seluas 142,5 ha. Tanah tersebut aslinya milik LPP RRI dan berlokasi di Komplek Pemancar RRI Cimanggis yang berlokasi di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

UIII memulai perkuliahan pertamanya pada tanggal 27 September 2021. Kampus ini didirikan berdasarkan Peraturan Presiden No. 57 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 29 Juni 2016 dengan status Universitas Negeri Badan Hukum (PTN BH). Soal Pengentasan Kemiskinan, Budisatrio Beberkan Tujuan dan Strategi Prabowo Gibran Jelang debat terakhir soal kesejahteraan sosial, Komandan TKN Prabowo Gibran, Budisatrio Djiwandono membeberkan tujuan yang ingin dicapai paslon 02. Congnghenews 2 Februari 2024