Kolaborasi Komite Sekolah dan Wali Murid, Bangun Panggung Kreasi dan Seni di SMPN 1 Cikarang Utara

Selamat datang Congnghenews di Website Kami!

Bekasi – Bentuk kerjasama antara komite sekolah dan orang tua siswa berperan aktif dalam meningkatkan fasilitas dan mutu pendidikan. Keputusan Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang Fungsi Komite Sekolah, Konteks Pembentukan Komite Sekolah, Tujuan, Peran dan Fungsi Komite serta Peran dan Fungsi Komite Sekolah yang mencakup unsur sekolah .anggota Keputusan ini diperkuat dalam Peraturan Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah. Kolaborasi Komite Sekolah dan Wali Murid, Bangun Panggung Kreasi dan Seni di SMPN 1 Cikarang Utara

Pejuang Terumbu Karang dari Desa Pinang

Kehadiran komite sekolah diharapkan dapat memberikan fokus, komitmen, rasa kepemilikan dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap penyelenggaraan dan pemeliharaan pendidikan yang bermutu. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menegaskan bahwa masyarakat mempunyai hak untuk merencanakan, melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi kebijakan dan program pendidikan.

Peningkatan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kinerja sekolah dianggap sebagai tolok ukur keberhasilan dalam menunjukkan nuansa otonomi dan lebih demokratis (Jalal dan Supriyadi, 2001:69) dan sistem pendidikan nasional dengan tolak ukur hubungan masyarakat yang baik. Keberhasilan kebijakan dan program pendidikan. Komite sekolah melakukan berbagai upaya pendanaan melalui sumbangan orang tua, dana CSR, dan upaya lain yang tidak bersifat komitmen dan bertanggung jawab.

Pengelolaan keuangan berada di bawah Komite Sekolah dan didukung oleh Bidang Sarana dan Prasarana dengan mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas. “Semua dana yang masuk ke rekening panitia baik melalui transfer maupun tunai, diawasi secara terbuka dan langsung oleh orang tua siswa yang bertindak sebagai koordinator kelas. Semua laporan pemasukan dan pengeluaran disampaikan secara berkala oleh WAG di masing-masing kelas. pemantauan memberikan kepercayaan diri kepada siswa. Komite Sekolah,” ujar Panitia SMPN 1 Sikarang Uttara. Ketua Septiana, SS.

Dengan model seperti ini, orang tua siswa secara tidak langsung ikut serta dalam meningkatkan pembangunan pendidikan, terutama dengan harapan dapat memberikan fasilitas yang tidak dapat didanai oleh BOS atau kebutuhan penting lainnya. Upaya yang juga dilakukan panitia SMPN 1 Cikarang Utara melalui usulan CSR, meski hingga saat ini belum ada perusahaan yang ikut serta.

Selain itu, Kepala SMPN 1 Sikrang Utara Bandi Subandi, MPD. Dikatakannya, dirinya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada komite sekolah yang bersama-sama mengajak para orang tua siswa untuk memikirkan peningkatan mutu pendidikan dengan membangun kreativitas dan kesenian tersebut. Langkah Langkah ini sangat berguna dan dapat digunakan di luar kurikulum untuk jangka waktu yang lama sehingga anak-anak yang tertarik pada seni dapat berlatih dengan nyaman.

Struktur dan panggung seninya diberi nama Kijara Pankreas (Ki Hazar Devatara) dan diresmikan pada Kamis, 15 Juni 2023 bersamaan dengan pameran seni dan kegiatan wisuda Kelas 9. Acara hari ini dihadiri oleh panitia, orang tua siswa Korlas. , siswa kelas 7 dan 8, serta guru dan tenaga administrasi. Untuk mempromosikan kegiatan ini, panitia memperkenalkan aktor tamu JK Skankin Reggae dengan gaya reggae. Jangan lewatkan penampilan tari tradisional dan modern karya siswa SMPN 1 Cikarang Utara. Kasus Suap Rekrutmen PPPK 2023, 6 Tersangka Korupsi Pejabat Pemkab Madina Wakil Direktur Reserse Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut menetapkan 6 tersangka dalam kasus suap atau suap kontrak kerja di Madina (PPPK). Kolaborasi Komite Sekolah dan Wali Murid, Bangun Panggung Kreasi dan Seni di SMPN 1 Cikarang Utara