Konsumsi Protein Hewani Bisa Turunkan Risiko Stunting

Selamat datang Congnghenews di Portal Ini!

Congnghenews,  TANGERANG — Protein merupakan nutrisi penting dalam mencegah penyakit. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengatakan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yang mengandung protein hewani seperti daging, ikan, ayam, dan telur dapat menurunkan risiko tersebut. Konsumsi Protein Hewani Bisa Turunkan Risiko Stunting

“Penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsumsi protein hewani yang berbeda terbukti menurunkan risiko obesitas dibandingkan dengan konsumsi satu jenis sumber makanan hewani saja,” ujarnya di Tangerang, Sabtu (27/1/2024). Rutin Ngopi Ampuh Bakar Lemak buat Turun BB? Ahli Diet Bilang Gini

Dr. Dini menjelaskan nutrisi hewani mengandung nutrisi lengkap, kaya protein dan vitamin yang penting untuk tumbuh kembang anak.

Dalam beberapa kasus, ibu dari bayinya mengabaikan kualitas MPASI. Penyebab status gizi baik saat lahir banyak ditemukan karena gizi ibu sudah baik sejak dalam kandungan. Namun begitu MPASI diberikan, status gizinya menurun hingga mengalami gangguan atau stunting.

“Betapa pentingnya kualitas pangan bagi anak kecil untuk mencegah keterlambatan perkembangan kasus. Dengan demikian, Kota Tangerang bisa maju tanpa pertumbuhan meski dimulai dengan dapur kita yang kaya akan pangan bergizi,” ujarnya.

Dr. Dini menambahkan, seluruh tenaga kesehatan adalah ahli radiologi, sehingga diharapkan mengetahui kebenaran tentang kesehatan dan penghambat kemajuannya, menerapkan pola hidup sehat dan menjadi teladan.

“Keterbelakangan tumbuh kembang merupakan akibat dari kekurangan gizi yang berkepanjangan, sehingga perlu dilakukan peninjauan kembali terhadap kualitas ASI dan frekuensi pemberian ASI, karena pemberian ASI eksklusif atau MPASI yang tidak memadai menjadi penyebab terhambatnya tumbuh kembang,” ujarnya.

Ia juga berharap Hari Gizi Nasional (HGN) ke-64 tahun 2024 menjadi pendorong penguatan tata kelola pemerintahan di Dinas Kesehatan Kota Tangerang untuk menjamin gizi seimbang agar tidak terjadi kebodohan dan kesakitan. Konsumsi Protein Hewani Bisa Turunkan Risiko Stunting

Oleh karena itu kita harus mengenalkan pangan secara merata pada keluarga, yang akan mempengaruhi kualitas tumbuh kembang dan kecerdasan. Kita harus terus mengedukasi seluruh keluarga di Kota Tangerang, untuk mewujudkan Kota Tangerang tanpa risiko penyakit stuting, ujarnya.