Manfaat Minyak Zaitun yang tak Banyak Diketahui: Bantu Jantung Hingga Kurangi Risiko Strok

Selamat datang Congnghenews di Situs Kami!

Congnghenews, JAKARTA – Minyak zaitun yang diperoleh dengan memeras seluruh buah zaitun dianggap sebagai pilihan memasak yang lebih sehat. Pasalnya, mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), terutama asam oleat, yang sangat tahan terhadap oksidasi. Manfaat Minyak Zaitun yang tak Banyak Diketahui: Bantu Jantung Hingga Kurangi Risiko Strok

Senyawa dalam minyak zaitun dipercaya dapat melindungi dari penyakit kronis seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, dan dari laman Berita Kesehatan pada 31/01/2024:

1. Anti inflamasi Viral Label NutriGrade di Singapura, RI Bakal Tandai Makanan Sehat Vs Tidak Sehat?

Berkat antioksidan seperti asam oleat, minyak zaitun mengurangi peradangan. Oleocanthal, salah satu komponen minyak zaitun, memiliki sifat anti-inflamasi alami dan mungkin bermanfaat bagi penderita kondisi seperti rheumatoid arthritis.

2. Mengontrol komposisi lemak tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya MUFA, seperti minyak zaitun, dapat mencegah penumpukan lemak tubuh terkonsentrasi dan meningkatkan sensitivitas insulin. Lemak tubuh bagian tengah berkaitan erat dengan kondisi yang berhubungan dengan obesitas.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Minyak zaitun adalah landasan diet Mediterania, yang menekankan pada buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian, produk susu, ikan, daging merah, dan makanan olahan. Makanan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

4. Pengendalian tekanan darah

Pola makan Mediterania yang kaya minyak zaitun telah dikaitkan dengan pengendalian tekanan darah yang lebih baik. Polifenol dalam minyak zaitun mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

5. Membantu mengontrol kolesterol

Penggunaan minyak zaitun dapat menyebabkan perubahan positif pada kadar kolesterol. Kadar asam oleat yang tinggi dan efek perlindungan polifenol menjadikan minyak zaitun pilihan cerdas untuk kesehatan jantung.

6. Mengurangi risiko stroke Manfaat Minyak Zaitun yang tak Banyak Diketahui: Bantu Jantung Hingga Kurangi Risiko Strok

Sebuah studi komprehensif menunjukkan bahwa minyak zaitun yang kaya MUFA mengurangi risiko tersebut. Memasukkan minyak zaitun ke dalam menu mengurangi risiko depresi dan meningkatkan mood.

7. Lakukan kerja otak

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa fungsi kognitif meningkat pada orang dewasa lanjut usia yang mengonsumsi makanan Mediterania dengan minyak zaitun atau buah. Hal ini dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi makanan rendah lemak.