Mengapa Terdapat Larangan Menikah di Bulan Suro? Ini Penjelasannya

Selamat datang Congnghenews di Website Kami!

VIVA Edukasi – Melarang pernikahan di bulan Suro, bulan Asyura, atau bulan Muharram merupakan tradisi sebagian masyarakat Jawa. Mengapa Terdapat Larangan Menikah di Bulan Suro? Ini Penjelasannya

5 Penyebab Ular Masuk Kamar Mandi, Nomor 5 Perlu Diperhatikan

Terdapat penelitian mengenai tradisi pelarangan pernikahan pada bulan Suro. Perspektif URF (2017) menjelaskan alasan pelarangan pernikahan di bulan Suro. Kajian tersebut dilakukan Zainul Ullah Saifuddin, mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, seperti dikutip dari laman resmi sekolah, Senin 17 Juli 2023.

Pada prinsipnya perilaku komunal ini merupakan bentuk penghormatan terhadap kisah-kisah besar yang terjadi selama bulan Suro atau Muharram. Kisah hebatnya adalah pembantaian 72 anak keturunan Nabi dan pengikutnya yang ditandai dengan meninggalnya Sayyidina Husain dengan restu Khalifah Yazid bin Muawiya.

Jika berpesta atau bersenang-senang di bulan Suro, dianggap tidak menghormati leluhur. Jadi waktu yang kita miliki lebih baik dihabiskan untuk mengkhawatirkan atau berduka atas cerita besar Suro sebulan terakhir.

Merujuk dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU), Ketua Pengurus Daerah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar membeberkan aturan adat yang melarang pesta di bulan Asyura atau Muharram. Larangan tersebut untuk menghormati keluarga Rasulullah SAW.

“Salah satu protokol kami untuk Habib adalah melarang pesta atau acara besar selama bulan Asyura. Pada bulan itu, anggota Bayt, termasuk Habib, sedang berduka,” jelasnya.

Dijelaskannya, Muharram merupakan bulan kepedulian terhadap keturunan Nabi Muhammad SAW. Pasalnya Husain bin Ali bin Abi Thalib, cucu Nabi Muhammad SAW, disiksa hingga tewas. Oleh karena itu Asyura dianggap sebagai bulan berkabung. Memproklamirkan diri sebagai Miss Party, Barbie Kumalasari menghabiskan Rp 100 juta setiap bulannya untuk pesta. Saat memilih tempat hiburan malam, Barbie Kumalasari menekankan pentingnya kenyamanan dan keamanan. Mereka mencari tempat yang serasa di rumah sendiri dan dapat menjamin privasinya Congnghenews 29 Januari 2024 Mengapa Terdapat Larangan Menikah di Bulan Suro? Ini Penjelasannya