Misteri Satelit Mengorbit Terpecahkan! Bagaimana Mereka Tetap di Jalurnya?

Sugeng rawuh Congnghenews di Portal Ini!

JAKARTA – Mungkin kita pernah bertanya-tanya bagaimana sebenarnya satelit bisa mengorbit tanpa jatuh ke tanah atau tersesat? Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang membuat penasaran kebanyakan orang. Misteri Satelit Mengorbit Terpecahkan! Bagaimana Mereka Tetap di Jalurnya?

5 Fitur Unggulan Aspire 3 Spin 14, Laptop Bisa Jadi Tablet

Memang benar, untuk membawa satelit ke luar angkasa, kita memerlukan roket yang kuat untuk melawan gravitasi dan mencapai tujuannya. Tapi bagaimana setelahnya? Bagaimana satelit bisa tetap berada di orbit tanpa bahan bakar?

Satelit tidak jatuh atau keluar dari orbitnya karena terkunci pada kecepatan yang cukup untuk mengatasi gaya gravitasi bumi. Saat diluncurkan, mereka memiliki kecepatan sekitar 40.291 km per jam untuk keluar dari atmosfer.

Setelah mencapai lokasi tujuan, roket akan melepaskan satelit ke orbit. Kecepatan awal yang dipertahankan saat kendaraan peluncur dilepaskan cukup untuk menjaga satelit tetap berada di orbit selama ratusan tahun.

Satelit mempertahankan orbitnya dengan menyeimbangkan dua faktor: kecepatannya (bergerak dalam garis lurus) dan gaya gravitasi bumi. Satelit yang lebih dekat ke Bumi membutuhkan kecepatan lebih untuk menahan gravitasi yang lebih kuat.

Menariknya, mereka tidak membawa banyak tenaga cadangan untuk berpindah jalur atau menghindari tabrakan.

Namun, satelit dapat beroperasi di orbit dalam jangka waktu yang lama. Misalnya, satelit GOES-3 NOAA telah beroperasi selama lima dekade sebagai enam presiden AS yang berbeda, salah satu satelit tertua yang masih aktif. Misteri Satelit Mengorbit Terpecahkan! Bagaimana Mereka Tetap di Jalurnya?

Jadi, beginilah cara satelit mengorbit. Saya harap penjelasan ini membantu memecahkan misteri tersebut dan memberikan pemahaman yang lebih baik.