Organ Vital Sudah Matang di Usia Kehamilan 30-32 Minggu, Sudah Aman Untuk Lahir?

Wecome Congnghenews di Portal Ini!

Congnghenews – Saat hamil 8 bulan, ukuran janin sudah sangat besar. Bobotnya bahkan mencapai 2 kg. Tak heran jika para ibu kerap mengalami sakit punggung dan mudah lelah. Organ Vital Sudah Matang di Usia Kehamilan 30-32 Minggu, Sudah Aman Untuk Lahir?

Meski organ vital janin sudah terbentuk lebih baik, namun tetap saja dianggap prematur jika dilahirkan. Lalu mengapa?

Dikutip dari channel YouTube Tanya Dokter, artikel ini akan dijelaskan oleh Dr. Jeffrey Christiavan. Melanjutkan juga artikel perkembangan janin minggu demi minggu, kali ini memasuki usia 30-32 minggu. Jangan Biarkan Anak Minum Susu Mepet Waktu Tidur, Ini Alasannya

31 minggu

Dalam keadaan ini, janin tumbuh lebih besar dan beratnya 1,5 hingga 1,7 kg. Berat badan janin mulai bertambah sehingga ibu mulai merasa tidak nyaman. Gerakan janin, karena sudah cukup besar, terasa lebih nyeri bagi ibu.

Pembentukan organ-organ vital sudah cukup matang, namun belum berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, disebut prematur meskipun janin sudah lahir.

Rambut halus sudah mulai rontok secara perlahan. Singkatnya, embrio sedang dalam tahap penyelesaian. Tapi ini masih terlalu dini.

Ibu mudah lelah. Karena janin semakin besar, berat air ketuban, berat rahim, berat payudara, penambahan darah, berarti ibu mudah lelah, kaki kram, dan nyeri punggung.

Ibu disarankan untuk memeriksakan diri lebih sering, mungkin sebulan sekali atau dua minggu sekali. Hal ini tergantung pada kondisi kesehatan ibu dan janin.

Pada usia ini, janin kurang bergerak. Ini karena dia tidur lebih sering dan lebih lama. Itu hanya bisa dirasakan sekali dalam satu jam. Kondisi ini masih tergolong normal, selama janin dalam keadaan terkendali maka dikatakan baik-baik saja.

Berumur 32 minggu

Pada usia ini, berat badan anak sudah mencapai 1,8 hingga 2 kg. Perut ibu semakin besar dan berat. Yang terpenting otak berkembang sangat cepat di usia ini. Ukuran kepalanya sudah mulai proporsional.

Gerakan melambat seiring pertumbuhan janin yang semakin besar dan ruang yang menyempit. Berat badan ibu pun ikut meningkat, salah satunya dipengaruhi oleh cairan darah yang meningkat 40-50 persen dari normalnya. Sehingga terkadang bengkak dan kesemutan mulai muncul di kaki. Organ Vital Sudah Matang di Usia Kehamilan 30-32 Minggu, Sudah Aman Untuk Lahir?

Ibu juga harus sering buang air kecil. Namun harus dibedakan antara urin, keputihan, atau cairan ketuban. Untuk membedakannya, Anda memang harus mengujinya dengan kertas lakmus atau indra penciuman Anda. Urine berbau seperti amonia atau urin, sedangkan cairan ketuban berbau sedikit manis.

Pola makan ibu juga harus diperhatikan. Hal ini sedikit lebih baik, namun sering terjadi karena perut ibu terhimpit oleh rahim sehingga perutnya mudah terisi. Mendekati usia subur, sebaiknya ibu lebih mewaspadai posisi apa pun yang dirasa tidak nyaman dan segera berkonsultasi ke dokter atau bidan.