Perhatikan Empat Hal Ini Ketika Anak Sakit

Selamat datang Congnghenews di Website Kami!

Congnghenews, JAKARTA – Dokter spesialis anak Universitas Indonesia Dimple Nagrani mengatakan ada empat hal yang perlu diwaspadai saat anak sakit. Yaitu makan, minum, tidur dan beraktivitas, jika ada yang terganggu harus segera ke rumah sakit. Perhatikan Empat Hal Ini Ketika Anak Sakit

“Kalau ada di antara mereka yang terganggu, kurang makan, tidak mau minum, tidak bisa tidur karena tidak bisa bernapas, lemas terus-menerus, kita tidak bisa (mengobati) sekadar pijat. dengan pengobatan rumahan atau pengobatan herbal,” kata Dimple pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (31/1/2024). BPOM: 2 Bahan Kimia Penyebab Gagal Ginjal Akut Misterius Bisa dari Obat Tercemar

Dimple mengatakan, penting bagi orang tua untuk tidak panik ketika anaknya sakit dan percaya bahwa sakit adalah hal yang normal. Saat sakit, anak “mengenal” bakteri yang didapatnya karena daya tahan tubuhnya mulai melemah. Hal ini dapat disebabkan oleh penyapihan anak dari ASI dan gaya hidup yang dimakan anak, serta alergi.

Biasanya, kata Dimple, anak-anak akan sering sakit pada usia 1 hingga 4 tahun. Yang harus dipastikan adalah ketika anak sakit, anak tidak mengalami sesak napas dan dehidrasi.

“Maka maklumi kalau sakit itu wajar. Yang pasti kalau anak sakit jangan sampai sesak napas dan dehidrasi. Kalau anak diare jangan sampai dehidrasi, karena kalau dehidrasi bisa pingsan.” jelasnya.

Ada berbagai cara untuk merawat anak yang sakit. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan skin to skin atau melakukan kontak dengan anak. Dimple mengatakan, jika anak yang sakit bersentuhan dengan ibu atau ayahnya, maka ia akan melepaskan hormon oksitosin, yaitu hormon cinta, yang dapat menenangkan dan menyembuhkannya lebih cepat.

Selain itu, Anda juga dapat memijat dan memberikan obat herbal yang aman untuk anak, seperti jahe, kunyit, bawang merah, kamomil, kayu putih, dan lavender, serta obat yang dapat dioleskan pada kulit.

“Jika sedang mencari suatu produk jangan abaikan budaya membaca yang aman untuk anak segala usia kecuali dosis dokter karena yang penting takaran miligram per kilogram berat badan, jaga takaran dan metode dosisnya. Tes alergi juga terhadap obat-obatan yang dioleskan pada kulit,” ujarnya. Perhatikan Empat Hal Ini Ketika Anak Sakit

Dimple juga mengingatkan untuk memberikan ASI bila diperlukan, menjaga kualitas makanan dan air pada anak, serta tidak memberikan makanan mengandung gula jika anak batuk. Hal ini bertujuan agar lendir tidak menumpuk sehingga menyebabkan sesak napas.