Pertamina Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan Lewat Sekolah Energi Berdikari di Semarang

Sugeng rawuh Congnghenews di Website Kami!

Congnghenews, SEMARANG – Pertamina menghimbau generasi muda untuk lebih memperhatikan lingkungan melalui pendidikan dan pemanfaatan energi berkelanjutan melalui program sekolah mandiri energi di SMA Negeri 14 Semarang, Rabu (13/12). Pertamina Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan Lewat Sekolah Energi Berdikari di Semarang

Hal ini dilakukan Pertamina mengingat peran generasi muda dalam masa depan dunia yang berkelanjutan harus dilatih sejak dini.

BACA JUGA: Pertamina Gandeng Denjaka TNI AL Lindungi Obvitnas, Ada Simulasi, Menegangkan

SMAN 14 Semarang sendiri merupakan sekolah Adiwiyata dan salah satu dari sepuluh pionir sekolah energi mandiri Pertamina di Indonesia.

Fadjar Djoko Santoso, Direktur Komunikasi Pertamina, mengatakan program ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk mendorong generasi muda untuk menjaga lingkungan dan menebar manfaat berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan. Rutinitas Menabung Masyarakat Meningkat 70 Persen dari Tahun Sebelumnya

BACA JUGA: HUT Pertamina ke-66, berikut tiga strategi jangka panjang yang akan dijalankan

Fadjar mengatakan, Pertamina tidak hanya menyalurkan energi ke seluruh pelosok negeri, tapi juga merealisasikan kapasitas masyarakat melalui proyek sosial dan lingkungan hidup (TJSL).

Fadjar menjelaskan: “Salah satunya adalah program sekolah mandiri energi yang dilakukan oleh Pertamina. Tujuan dari program ini adalah untuk mendukung pemerintah dalam melaksanakan proses transformasi energi pada sektor pendidikan dan generasi muda.”

BACA JUGA: Pertamina EP berhasil temukan 2 sumur migas baru, berikut lokasinya

Tujuan dari program ini adalah untuk mendukung Sekolah Adiwiyata dan mengajak siswa untuk berperan langsung dalam menjaga lingkungan.

Hal ini dilakukan agar Pertamina berkomitmen dalam melaksanakan tujuan lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) dan pembangunan berkelanjutan (SDG), poin keempat yaitu pendidikan berkualitas, poin ketujuh yaitu energi bersih dan murah, dan poin ke-13 yaitu perubahan iklim. .

Selain pelatihan peduli lingkungan dan energi terbarukan, Pertamina memberikan energi bersih dengan pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 3,3 Kwp yang diperkirakan dapat mengurangi emisi karbon sebesar 3.820 kg CO2 eq/tahun dan menghemat biaya listrik untuk kebutuhan penelitian. melalui laboratorium sekolah.

Selain itu, Pertamina juga membantu pemanfaatan EBT yaitu Energi Terbarukan dengan mendorong siswa berinovasi di bidang teknologi energi melalui Upcycling Expo dan bengkel pertukangan sekolah.

Dalam acara ini juga dilakukan penghijauan dan penanaman bibit buah-buahan di halaman SMAN 14 Semarang seperti Alpukat Buaya, Alpukat HAZ, Lemon California dan Durian Bawor.

Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi, Edukasi, dan Bidang Eksternal Billy Mambrasar mengapresiasi upaya Pertamina dalam pengembangan energi baru terbarukan.

“Atas nama Presiden Joko Widodo, saya Staf Khusus Presiden RI mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah mengedukasi dan memotivasi ribuan generasi muda Indonesia dengan mengajari mereka cara menjaga energi berkelanjutan dan memberikan kegiatan praktis berupa sumbangan pada sumber energi lain”, Billy.

Bill yang merupakan duta SDG di Indonesia yakin siswa SMAN 14 Semarang bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Beliau juga berpesan agar sekolah dapat menjadi contoh dan pionir di Provinsi Jawa Tengah sebagai sekolah teladan yang unggul, memberikan contoh perilaku energi yang dapat disimpan, dihemat dan digantikan oleh energi lain.

Sementara itu, Kepala SMA N 14 Semarang Aniek Windrayani juga mengatakan bahwa program ini sejalan dengan misi sekolah Adiwiyata yang dipimpinnya. Pertamina Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan Lewat Sekolah Energi Berdikari di Semarang

Dalam keterangannya, Aniek mengatakan: “Saya senang SMAN 14 Semarang diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proyek ini, yang berkaitan dengan misi sekolah untuk melestarikan lingkungan. Kita semua berharap proyek ini dapat terus sukses di masa depan. .” di acara tersebut.

Siswa SMAN 14 Semarang yang berkumpul di Karya Ilmiah Pemuda (KIR) sempat memamerkan proyek teknologi energinya di Excycling Expo, bahkan ada yang berkesempatan menanam bibit pohon.

Pekerjaan Pertamina di Sekolah Adiwiyata merupakan bagian dari TJSL perusahaan.

Hal ini juga terkait dengan upaya Pertamina dalam mendukung kegiatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam penerapan nilai-nilai Adiwiyata di lembaga pendidikan.

Sejalan dengan komitmen Pertamina, sekolah ini diharapkan dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan. (token / JPY)