Skandal Mobil Diesel Toyota Jepang, Fortuner dan Innova di RI Ikut Disetop? Ini Kata TAM

Sugeng rawuh Congnghenews di Website Kami!

Congnghenews, TOKYO- PT Toyota Astra Motor (TAM), perwakilan merek Toyota di Indonesia, terus meluncurkan kendaraan diesel di pasaran. PT TAM tidak terlibat dalam skandal terkait pengujian sertifikasi mesin diesel yang dikembangkan Toyota Industries. Skandal Mobil Diesel Toyota Jepang, Fortuner dan Innova di RI Ikut Disetop? Ini Kata TAM

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmy Suwandi mengatakan produk mesin diesel Toyota di Indonesia tidak ada hubungannya dengan yang ada di Jepang. “Jadi kami terus menjual solar Fortuner dan diesel Innova ke pelanggan,” kata Anton kepada Republik, 30 Januari 2024. Serba-serbi Lampu Strobo dan Aturannya di Indonesia

Toyota Motor Co. telah menghentikan pasokan beberapa model kendaraan, termasuk kendaraan serba guna Innova dan SUV Fortuner, setelah mendeteksi adanya kejanggalan dalam pengujian sertifikasi mesin diesel yang dilakukan Toyota Industries, anak perusahaan Toyota Motor Japan.

Sebuah komite investigasi khusus menemukan kejanggalan selama pengujian sertifikasi tenaga kuda tiga model mesin diesel.

Toyota mengatakan 10 model kendaraan di seluruh dunia menggunakan mesin yang terkena dampak, termasuk van Hiace, truk Hilux, SUV Land Cruiser 300, dan SUV LX500D bermerek Lexus.

Anton juga mengatakan TAM akan terus memasarkan model Hilux dan Land Cruiser 300. Tampaknya Hilux yang dijual di Indonesia diimpor seluruhnya dari Thailand. Sekaligus mengimpor Land Cruiser lengkap 300 unit dari Jepang.

Toyota Industries mengatakan pihaknya sedang mencoba menjelaskan masalah ini kepada pihak berwenang dan akan mengambil langkah-langkah jika diperlukan untuk menyerahkan tes sertifikasi mesin baru kepada regulator.

“Ada kurangnya komunikasi dengan Toyota Motor dan tidak memadainya peraturan mengenai prosedur pengujian dan kepatuhan,” kata Presiden Toyota Industries Koichi Ito dalam konferensi pers, Senin (29//2024). Skandal Mobil Diesel Toyota Jepang, Fortuner dan Innova di RI Ikut Disetop? Ini Kata TAM

Toyota Industries mengatakan pihaknya menjual sekitar 84.000 mesin diesel pada kendaraan yang terkena dampak pada tahun fiskal yang berakhir 31 Maret 2023.

Pabrik Toyota diperiksa…