Studi: Anak-Anak Habiskan 60 Persen Lebih Banyak Waktu di TikTok Dibandingkan YouTube

Sugeng rawuh Congnghenews di Situs Kami!

Congnghenews, JAKARTA — Sebuah studi baru mengenai kebiasaan online anak-anak menunjukkan bahwa pada tahun 2023, anak-anak berusia antara 4 dan 18 tahun akan menghabiskan rata-rata 112 menit sehari di aplikasi video pendek TikTok di seluruh dunia. Itu naik dari 107 menit pada tahun 2023. tahun yang lalu Studi: Anak-Anak Habiskan 60 Persen Lebih Banyak Waktu di TikTok Dibandingkan YouTube

Meskipun YouTube tetap menjadi aplikasi streaming terbesar di dunia pada kelompok demografi ini, anak-anak menghabiskan 60% lebih banyak waktu di TikTok tahun lalu. Data dari studi baru tentang media digital anak-anak juga meneliti penggunaan teknologi baru seperti OpenAI ChatGPT oleh anak-anak.

Penelitian yang mengamati kebiasaan penggunaan media digital di lebih dari 400.000 keluarga dan sekolah di seluruh dunia ini berasal dari pembuat perangkat lunak kontrol orang tua, Qustodio. Dalam laporan tahunannya, perusahaan ini memberikan ikhtisar mengenai kebiasaan digital anak-anak dan penggunaan teknologi pada perangkat seluler dan desktop, termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris (UK), Spanyol, Australia, dan Perancis.

Dilaporkan Techcrunch, Rabu (31/1/2024), karena ChatGPT baru diluncurkan di iOS pada bulan Mei dan di Android pada bulan Juli, Qustodio memilih untuk mempertimbangkan hanya menggunakan situs OpenAI. Secara global, ditemukan bahwa hampir 20% anak-anak mengunjungi situs web ini pada tahun lalu, menjadikannya situs web ke-18 yang paling banyak dikunjungi pada tahun tersebut. Bangun Ekosistem Digital, ZTE Bangun Fasilitas Pengembangan Teknologi

Di Amerika Serikat, 18,7% anak-anak mengunjungi situs tersebut dan situs tersebut berada di peringkat ke-32 secara keseluruhan. Australia mempunyai jumlah terbesar dengan 24% anak-anak berkunjung dari lokasi ini pada tahun 2023.

Terkait streaming, anak-anak menghabiskan 27% lebih banyak waktu untuk menonton layanan streaming dibandingkan tahun lalu, meskipun kenaikan harga untuk beberapa layanan mungkin memengaruhi jumlah penayangan mereka. Perusahaan menemukan bahwa pada tahun 2023, anak-anak akan menghabiskan 4% lebih sedikit waktu menonton Netflix, 23% lebih sedikit waktu menonton Disney+, dan 12% lebih sedikit waktu menonton Hulu.

Sementara itu, YouTube dan aplikasi sejenisnya, YouTube Kids, memecahkan rekor, dengan waktu menonton YouTube anak-anak meningkat 14% di seluruh dunia, menjadi rata-rata 96 menit per hari. Ini merupakan angka tertinggi yang dicapai Qustodio sejak mulai mengumpulkan data pada tahun 2019. YouTube mencapai 70 menit, naik dari 67 menit tahun lalu.

Meskipun ada kenaikan harga dan pembatasan kata sandi Netflix pada tahun 2023, Netflix tetap menjadi layanan streaming terpopuler kedua di kalangan anak-anak di dunia, dengan 40% menggunakan layanan tersebut. YouTube menempati posisi teratas dengan 63% anak-anak menggunakannya, dan Disney+ menduduki peringkat tertinggi dengan 20%.

Netflix bersifat eksklusif….

Namun, Netflix adalah satu-satunya layanan berbayar yang semakin populer sepanjang tahun ini, karena harga layanan streaming lainnya turun, termasuk Disney+, Amazon Prime Video, dan Hulu, serta layanan streaming langsung Twitch, turun dari 11%. . Anak-anak yang menggunakan layanan ini pada tahun 2022 menjadi hanya 8% pada tahun 2023.

Mereka yang tetap menggunakan Twitch tahun ini meningkatkan jam menonton mereka, menonton streaming langsung 16% lebih banyak di seluruh dunia dengan rata-rata 22 menit per hari.

Meskipun terdapat kekhawatiran yang meningkat di kalangan orang tua dan anggota parlemen mengenai dampak buruk media sosial, penggunaan aplikasi media sosial di kalangan anak-anak tetap populer pada tahun 2023, baik atau buruk. TikTok adalah aplikasi paling populer di seluruh dunia, digunakan oleh 44% anak-anak, dan Facebook, yang membuktikan kemampuannya, adalah aplikasi terpopuler kedua, digunakan oleh 38% anak-anak.

Selain itu, dengan rebranding Twitter, 38% demografi milenial menggunakan platform ini tahun lalu, naik dari 30% pada tahun 2022. Melengkapi daftar aplikasi sosial terpopuler di seluruh dunia dengan kegunaannya masing-masing adalah Reddit, Instagram, dan Pinterest. 32 persen, 32 persen dan 31 persen. Namun, daftarnya sedikit berbeda di AS, karena TikTok diikuti oleh X, Reddit, Facebook, Pinterest, dan Instagram.

Namun, TikTok menghabiskan lebih banyak waktu dibandingkan pesaingnya, dengan rata-rata penggunaan 112 menit per hari secara global, 63 menit untuk Instagram, 19 menit untuk Facebook, 16 menit untuk Pinterest, 10 menit untuk X dan Dibandingkan dengan 9 menit untuk Reddit. Studi: Anak-Anak Habiskan 60 Persen Lebih Banyak Waktu di TikTok Dibandingkan YouTube

Sehubungan dengan itu, WhatsApp Meta mempertahankan posisi teratasnya sebagai aplikasi perpesanan paling populer di seluruh dunia, digunakan oleh 37% anak-anak, mengungguli Snapchat (35%), Discord (31%), Messages (28%), Skype (21%) dan Google dua (13 persen).

Snapchat adalah aplikasi yang paling banyak digunakan oleh anak-anak dengan rata-rata 74 menit per hari, jauh di depan pesaing terdekatnya Discord dengan 27 menit per hari. Jika aplikasi ini diklasifikasikan sebagai aplikasi sosial dan bukan aplikasi komunikasi, maka aplikasi ini akan menjadikannya aplikasi nomor 3 berdasarkan waktu yang dihabiskan.

Di antara aplikasi game, Roblox adalah yang paling populer, digunakan oleh 48% anak-anak di seluruh dunia selama rata-rata 130 menit per hari, diikuti oleh Minecraft, Among Us, Clash Royale, Stumble Guys, dan Magic Tiles 3.

Anak-anak juga terus menggunakan aplikasi pembelajaran populer dari tahun lalu, seperti yang ditawarkan oleh sekolah, seperti Google Classroom, serta aplikasi yang tersedia di bidang pendidikan, misalnya aplikasi populer Duolingo, Photomath, Kahoot!, Quizlet, Simply Piano. . , dan secara mental.