Ternyata Ini Alasan Sri Mulyani Pakai Jargon Uang Kita Kenalkan APBN

Selamat datang Congnghenews di Website Kami!

Jakarta – Ternyata Ini Alasan Sri Mulyani Pakai Jargon Uang Kita Kenalkan APBN

Menteri Keuangan Shri Mulani Indrawati mengatakan pemerintah selalu fokus pada penyaluran anggaran dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat. Namun menurutnya, gagasan bahwa negara untuk rakyat hanya berbicara untuk rakyat. Peneliti Indef Kritik Janji Cak Imin Beri Dana Desa Rp 5 Miliar: Persoalan Desa Tidak Sekedar Uang

Menurut dia, tanggung jawab Kementerian Keuangan untuk memperjelas kehadiran negara kepada masyarakat melalui anggaran APBN. Oleh karena itu, pihaknya kerap menyebut APBN sebagai #Uang Kita karena melalui APBN negara bisa tampil di hadapan publik.

“Masyarakat sering merasa ‘negara hadir’ dianggap retoris. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Kementerian Keuangan untuk menyatakan dengan jelas apa arti kehadiran negara, karena negara bisa diwakili atau disebut uang kita. ,” kata Mullaney saat peresmian apartemen tersebut. kata Kementerian Keuangan di Jaipur, Kamis (1/2/2024).

Dia menjelaskan, APBN sebenarnya adalah uang rakyat. Dipungut dari penerimaan pajak, bea cukai, atau bukan pajak alias PNBP sehingga Pak Mullaney berkata: “APBN adalah uang kita”.

“Kalau kita selalu bicara uang kita sebagai APBN, maka uang itu bisa dipungut dari Cukai, Bea Cukai, atau PNBP. Belanja ini dapat dilakukan melalui kementerian organisasi tersebut, atau melalui transfer keuangan (daerah) dan dana desa. bahkan di garis depan. Ada investasi. Ini menggambarkan kehadiran negara,” jelas Pak Mulian.

Karena APBN juga merupakan uang rakyat, Mullaney meminta masyarakat untuk memberikan rasa memiliki. Perlu diwaspadai ke mana aliran pembayaran pajak bagi mereka yang mampu, sekaligus mereka yang mendapat manfaat dari negara juga harus tahu dari mana mereka mendapat uang tersebut.

“Yang mampu akan membayar pajak dan tentunya harus tahu untuk apa uang pajaknya, yang tidak bisa mendapat bantuan dari negara juga harus tahu dari mana uang itu berasal. Hal ini menciptakan suasana akuntabilitas. dan rasa memiliki terhadap negara ini dari seluruh masyarakat Indonesia,” kata Pak Mullaney. menjelaskan. Ternyata Ini Alasan Sri Mulyani Pakai Jargon Uang Kita Kenalkan APBN

Beliau berkata, “Negara ini dibangun atas dasar perjuangan kooperatif, dan kita harus memperkuat rasa kerja sama tersebut dengan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. (p/tahun)