Waspadai Gangguan Ginjal Akut, Dokter Minta Orang Tua Lakukan Hal Ini jika Anak Sakit

Selamat datang Congnghenews di Situs Kami!

Congnghenews – Meningkatnya penyakit ginjal belakangan ini membuat para orang tua panik dan khawatir dengan penyakit yang menyerang anaknya. Selain itu, banyaknya pemberitaan yang tersebar di media sosial membuat mereka semakin takut dan khawatir. Waspadai Gangguan Ginjal Akut, Dokter Minta Orang Tua Lakukan Hal Ini jika Anak Sakit

Tanya Psikolog: Ibu Menyusui Ingin Me Time, Apakah Itu Termasuk Tindakan Egois?

Melihat hal tersebut, dokter anak Dr. ST Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A., berpesan agar para orang tua tidak panik menghadapi penyakit tersebut. Ia juga mengatakan: Orang tua hendaknya berusaha untuk tidak memprovokasi mereka dengan berbagai berita palsu yang dipublikasikan di Internet.

Saat ini, untuk mendapatkan informasi resmi, para orang tua dapat melihat berita-berita yang diberikan pemerintah dan berbagai lembaga mengenai masalah penyakit ginjal. Gambar merawat anak yang sakit (Shutterstock)

“Jangan percaya dengan berita yang beredar di internet tanpa sumber yang jelas. Orang tua bisa menunggu kabar dari pemerintah, BPOM dan IDAI. Jangan panik karena membantu orang tua,” kata dokter tersebut. Andreas menghubungi Congnghenews kemarin Sabtu (22/10/2022).

Kecuali ada tanda-tanda spesifik bahwa anak mengalami gangguan ginjal yang tidak biasa, hal itu seharusnya tidak menjadi masalah, kata dr Andreas. Orang tua juga dapat menghubungi untuk rincian spesifik.

Lanjut dokter: Selama tidak ada tanda-tanda penyakit ginjal, tidak ada masalah. Andreas

Selain itu, jika anak mengalami batuk atau pilek, orang tua bisa mengambil langkah awal sebelum memberinya obat. Beberapa tindakan atau tips pertolongan pertama jika terjadi pilek dan batuk antara lain: memberikan cairan secukupnya yaitu ASI (jika bayi), susu (jika berusia di atas 2 tahun), air putih, dll. Memberikan kehangatan pada tubuh, misalnya pada anak-anak, suhu ruangan diatur minimal 26°C. Posisi tidur dengan kepala di atas badan. Jika masih bayi, orang tua bisa mengatasinya, jika ingin memberikan obat pada anak konsultasikan terlebih dahulu ke dokter dan jangan sengaja membelinya. Waspadai Gangguan Ginjal Akut, Dokter Minta Orang Tua Lakukan Hal Ini jika Anak Sakit

Jika suhu tubuh anak melebihi 37,6 derajat Celcius, orang tua dapat melakukan tindakan dasar. Namun, Dr. Andreas menegaskan, orang tua bisa segera membawa anaknya ke dokter jika mengalami kejang, dehidrasi, atau sesak napas.